Home > program aplikasi > Remote Desktop

Remote Desktop

NGERIMOTE PC dengan REMOTE DESKTOP CONNECTION

di publish oleh           : lody mar'i wardana
kelas                     : IX 8
email                     : wardana_rt12@ymail.com

Cara Setting Remote Desktop di Windows 7


Untuk bisa mengakses komputer di tempat lain, Windows sudah menyediakan program Remote Desktop Connection. Berikut tutorial cara penggunaan dan setting Remote Desktop.

Untuk merubah setting Remote Desktop di Windows 7 masuk ke Control Panel\All Control Panel Items\System klik Remote Connection.

Lalu pada bagian Remote desktop pilih Allow Connection from computers running any version of Remote Desktop (less secure) supaya komputer bisa diremote oleh semua versi windows (XP, vista, server), jika memilih Allow connection only from computers running Remote desktop with Network Level Authentication (more secure) maka komputer ini hanya bisa diakses dari Windows Vista, 7 dan Windows Server 2008.

Pastikan memilih user account yang memiliki autorisasi untuk dapat melakukan remote desktop dengan mengklik tombol Select User, dan pastikan user account yang anda pilih memiliki password (password jangan sampai kosong)

Setelah komputer yang ingin di-remote selesai disetting, mari kita coba me-remotekomputer tersebut dari komputer lain (Windows 7).

Di Windows 7 dan kebanyakan versi Windows lain shortcut Remote Desktop berada di Start menu > All Programs > Accessories > Remote Desktop Connection.

Anda akan disajikan kotak isian untuk mengetikkan nama komputer yang ingin anda remote. Masukkan nama komputer / ip addres yang ingin diremote, lalu klik Connectmaka kita akan terhubung ke komputer tersebut dan windows akan meminta login user account yang sudah kita daftarkan sebelumnya.

Kita bisa memaksimalkan setting Remote Desktop Connection di Windows sesuai kebutuhan kita, berikut beberapa settingnya:

Di Tab General anda bisa mensetting supaya login dan password anda akan selalu disimpan bila pilihan Always ask for credentials dicentang. Anda bisa juga men-save dan me-restore setting Remote Desktop di tab ini.

Tab Display, memuat pilihan untuk menentukan resolusi layar dan kedalaman warna windows, sementara pilihan Display the connection bar when i use the full screen, sebaiknya dicentang saja.

Tab Local Resources, disini anda bisa menentukan setting Audio, Keyboard, dan hardware lain seperti Printer dan Clipboard.

Di Remote Audio akan diberi pilihan untuk memainkan audio di komputer remote atau di komputer client, terdapat juga pilihan perekaman suara.

Pilihan keyboard untuk menentukan kombinasi keyboard akan digukanan di komputer remote atau komputer client.

Di bagian Local Devices and Resources kita bisa menentukan apakah device seperti printer, harddisk, ataupun hardware pada komputer client akan dishare dengan remote desktop.

Tab Program berguna untuk menjalankan program secara otomatis setelah tersambung ke koneksi Remote Desktop.

Tab Experience, menentukan kecepatan jaringan yang kita gunakan, tampilan desktop, font, dan tampilan animasi di “remote desktop”. Terdapat juga pilihan untuk menyambung otomatis bila koneksi terputus (Reconnect if the connection is dropped).

Tab Advance berfungsi sebagai setting security / keamanan, bila anda yakin dengan keamanan jaringan anda silahkan pilih Connect and dont warn me. Pilihan Connect from anywhere, hanya berfungsi jika remote komputer terhubung dengan domain di Windows Server 2008 dan telah disetting untuk Remote Desktop Gateway.

Berikut tampilan Layar Laptop saat me-remote komputer secara bersamaan Sistem Operasi Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows 7

 

Beda.

masuk ke Control Panel pilih System atau bisa juga klik kanan icon My Computer trus pilih Properties
pada windows System Properties pilih Remote pd tab diatas ,kemudian pada bagian Remote Destop klik / centang “Allow users to connect remotely to this computer “, setelah itu klik pada bagian “Select Remote Users” pilih “add” akan muncul form untuk memilih users yang diijinkan untuk melakukan Remote Desktop . Untuk memilih klik tombol “Advanced” muncul windows baru untuk memilih user klik pada tombol ” Find Now” untuk mencari Users yang aktif pada Komputer, Pilih salah satu user dengan meng-klik nama/ user tersebut kemudian klik tombol “OK” ( Sedikit catatan bahwa user yang kita pilih adalah user yang menggunakan password untuk login ke komputer ,jika user itu tidak mempunyai paswword maka tidak bisa digunakan untuk user remote desktop ) kembali ke windows Select User dan akan muncul perubahan pada kolom “Enter the object names to select (examples): yaitu munculnya Users yang kita pilih tadi klik tombol “OK” untuk mengakhiri, seletah itu akan kembali lagi ke windows Remote Desktop Users dan muncul user yang tadi kita pilih kemudian klik tombol “OK” untuk menutup. Sekarang komputer kita bisa kita akses melalui komputer lain yang terhubung dengan jaringan. Untuk me-Remote Destop masuk melalui menu Start – All Progams – Accesories – Communications – Remote Destop Connections , pada windows Remote Desktop Connection isikan IP addres komputer yang telah diset tadi kemudian klik tombol “Connect” muncul windows baru pada Log On to Windows  isikan User yang telah dipilih tadi dan juga Passwordnya kemudian klik “OK” . Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti anda Log In pada windows komputer anda tunggu sebentar maka anda akan masuk ke komputer yang telah kita Remote tadi.

windows 7 memang sudah lama sekali keluar, mungkin sobat2 semua sudah pada tau dengan versi windows 7, apakah sobat2 semua sudah memakai windows 7..? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan 6 versi windows 7 kepada sobat2 semua, mungkin ada yang belum tau, sebagai pengguna windows 7 yang baik kita harus tau versi2 dari windows 7 tersebut, hehehhe. Okelah saya akan jelaskan satu persatu dari 6 versi windows 7, yukk mari kita kemon:

1. Starter.
Windows 7 starter. Ditargetkan untuk seluruh dunia, biasanya sudah terinstal saat membeli komputer baru. Fitur utama untuk versi ini adalah Taskbar, Jump list, Windows MEdia Player, Backup & restore, Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana.

Kelemahan versi ini adalah tidak ada Aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada Multi bahasa, maksimal RAM 2 GB serta tidak terseda versi 64bit. Jika menggunakan versi Starter pengguna tidak bisa mengganti bacground desktop. Pengguna juga hanya bisa menjalankan 3 program sekaligus, namun keterbatasan ini sudah dihilangkan dan diganti dengan maksimal RAM sebesar 2 GB.

2. Home Basic
Windows 7 home basic. Versi ini ditargetkan untuk wilayah tertentu saja seperti Indonesia. Fitur utama dari versi ini adalah Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero.

Kelemahan versi ini adalah Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder ( MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidah penuh.

3. Home Premium
Windows 7 home premium. Ditargetkan untuk pengguna di seluruh dunia. Fitur utama dari versi ini adalah Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center.

Kelemahan versi ini adalah tidak bisa melakukan Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder.

4. Proffesional
Windows 7 profesional. dirancang untuk para expert dalam bidang IT. Fitur utama dari versi ini adalah Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder.

Kelemahan versi ini adalah tidak adanya BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD.

Kelebihan dari versi Profesional hampir sama dengan versi Ultimate, secara garis besar hanya fungsi BitLocker yang dihilangkan.

5. Enterprise
Windows 7 enterprise. Versi ini dirancang untuk para pembisnis atau suatu perusahan dengan Volume Lisensi. Fitur utama yang versi ini adalah BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.

6. Ultimate (Yang saya pakai nih)
Windows 7 ultimate. Dirancang untuk pengguna komputer yang menginginkan semua fitur Windows 7. Versi ini memiliki semua fitur dari versi sebelumnya, bisa dibilang Windows 7 versi Ultimate adalah versi paling lengkap.

Lengkap sudah penjelasan diatas, sudah pada tau kan sekarang 6 versi windows 7, jadi kalau mau menggunakan windows 7 jangan salah pilih lagi, dilihat dulu kelebihan dan kekurangannya, hehehe,, oke sobat.

Sampai disini saja postingan saya kali ini tentang 6 versi windows 7, jika ada salah tulisan diatas mohon dimaafkan maklum pakai google translate, hehehhee,, oke. Semoga bermanfaat. See u next post, with me and with amazing trick. hehehe.

trimaksih,smoga bermanfaat… yh buat anak smpn1 tarakan :*

ni pertanyaan dari teman-teman kelas 9.8
1. apa kerugian remote desktop?

jawaban : hahahaha menggunakan remote desktop tidak ada ruginya 

2. apakah remote desktop bisa terinpeksi virus?
jawaban : tergantung dari tipe/versi remote desktop nya

3. apa yang dimaksud remote desktop?

jawaban :  Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Microsoft Windows XPWindows Server 2003Windows Vista, dan Windows Server 2008, yang mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote Desktop menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP)

4. bagaimana cara menggunakan remote desktop?
jawaban : caranya tinggal baca yan diatas

5. apa keunggulan remote desktop?
jawaban : bisa berteransaksi jarak jauh

mohon maaf kalau ada soal yg blum saya jawab heheheh🙂

Categories: program aplikasi Tags: , ,
  1. November 3, 2011 at 11:24 am

    good job wkwkwkwkw

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: